ya, 2013 cepatlah berlalu

barusan rekap pendapatan dan pengeluaran warnet sepanjang tahun 2013 ini … argghhhhh ….. menyedihkan kalau dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

semenjak warnet berdiri tahun 2010 (dan pencatatan keuangan dilakukan secara rapi dan teratur mulai 2011), tahun ini jadi tahun yang sangat buruk untuk performa warnet. pendapatan bersih menurun 23%. laba year-on-year memang meningkat tapi itu dikarenakan tidak adanya komponen pendapatan tertentu mulai januari – juli 2012 (komponen ini ada di data tahun 2013). beberapa faktor kenapa laba bersih menurun antara lain:

  1. naiknya tdl tahun ini hingga 15% tahun ini (sialnya ini adalah komponen vital dari pengeluaran operasional warnet)
  2. munculnya warnet baru — yang mengakibatkan persaingan harga (harus diakui kedatangan pemain baru ini jadi mengacaukan tarif yang selama ini sudah ada, dan jadi makin ga masuk akal apabila memasukkan kenaikan tdl dalam perhitungan tarif dasar warnet)
  3. menurunnya jumlah pelanggan (khususnya adalah hilangnya pelanggan-pelanggan hardcore gamers yang selama ini menjadi pelanggan setia warnet)

inovasi dan gebrakan pasti dibutuhkan untuk dapat memperbaiki keadaan (baca: mengubah tren penurunan mulai dari 2011) di tahun yang akan datang. semoga dengan adanya data dan informasi ini kebijakan dapat diambil, dan ambisi perbaiki situasi dapat direalisasikan.

v.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s