anthony de mello – sebuah doa

Tuhan, terima kasih untuk semua
yang telah terjadi dalam dunia ini.
Baik dunia di luar diriku, alam semesta,
sesama, maupun dunia di dalam diriku,
pikiran, perasaan, kebutuhan, dan iman.
Untuk kebahagiaan dan penderitaan.
Untuk keindahan alam dan bencana alam.
Untuk kelahiran dan kematian.
Untuk terangnya siang dan gelapnya malam.
Untuk mereka yang menyukaiku
Dan juga untuk mereka yang tidak menyukaiku
Untuk kemudahan yang tersedia
Dan untuk tantangan yang menghadang
Untuk keberhasilan dan kegagalan
Terima kasih untuk kesempatan
bahwa aku boleh mengalami semua ini.
Terutama untuk kesadaran
akan semua pengalaman itu,
Telebih lagi untuk penemuan makna
Bahwa Engkau selalu hadir
Dalam semua pengalaman itu
Sekalipun pada saat-saat tertentu
Aku tidak memahami rencanaMu
Sehingga aku sulit untuk
menerima pengalaman itu apa adanya
Sekalipun demikian,
AKu ingin selalu berusaha
Membuka diri dalam memahami rencanaMu
Dan kesulitan menjadi begitu memuncak
Pada saat aku tidak punya kesediaan untuk
Mengakui keterbatasan manusiawiku
Khususnya dalam memahami rencanaMu
Untuk diriku dan untuk dunia ini
Dalam keadaan dunia seperti saat ini
Aku tetap ingin berusaha terus untuk meyakini
Bahwa Engkau selalu hadir
Dan yang Engkau inginkan adalah
Kedamaian bagi alam semesta ini
Dan kebahagiaan bagi setiap
Dan seluruh umat manusia, Amin.

Anthony de Mello

Leave a Reply

