trend analysis – internet cafe

waktu jaman-jaman kuliah, gw diajarin untuk bikin analisis tren pasar 5, 10, sampai 25 tahun yang akan datang. waktu itu sih gw masih belum melihat kegunaannya. baru sekarang bisa gw mengerti kenapa hal tersebut ternyata sangat penting dalam pendirian dan pengembangan bisnis (apapun bisnisnya).

sekarang pertanyaannya, mengapa tren analisis ini penting? jawabannya sederhana, bisnis apapun yang mampu mengantisipasi pergerakan perubahan pasar pada waktu-waktu yang akan datang memiliki peluang yang lebih besar untuk mempertahankan diri ataupun mengembangkan bisnisnya. ambil contoh, tren semenjak 5 tahun ke belakang (dan paling tidak 10-15 tahun ke depan) adalah pengurangan efek rumah kaca (penyebab global warming). perusahaan-perusahaan seperti kendaraan bermotor, energi listrik yang mampu menghasilkan kendaraan dengan emisi karbon murah atau listrik dengan sedikit polusi (dan murah tentunya) akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menjadi penguasa pasar dalam 10-15 tahun ke depan. salah satu analisis tren yang terkait pula dengan contoh tersebut adalah analisis pergerakan harga minyak dunia, cadangan minyak dunia, dan situasi keamanan regional terutama di kawasan afrika (nigeria).

nah … terkait dengan judul dari posting ini, analisis tren internet kafe, di indonesia tentunya, gw akan menuliskan beberapa faktor yang akan mempengaruhi ukuran pasar, harga jual jasa, dan tentunya kelangsungan bisnis internet kafe di indonesia. faktor-faktor tersebut adalah:

  • tren akses internet menggunakan hp atau laptop (dengan memanfaatkan hotspot gratis)
  • pembangunan kabel bawah laut yang menghubungkan jawa timur dan hongkong
  • penurunan (atau peningkatan) harga internet oleh pemerintah
  • penurunan (atau peningkatan) tarif dasar listrik
  • masuknya isp-isp swasta (fastnet, sebagai contoh) menyaingi speedy
  • perang harga antar sesama warnet (seperti yang sedang terjadi di jakarta)
  • teknologi-teknologi baru untuk mengakses internet di manapun (evdo, contohnya)
  • usia pengguna internet makin muda (anak-anak SDpun sudah menggunakan internet)

hal-hal di atas adalah sedikit faktor yang menentukan kelangsungan bisnis warnet dalam beberapa tahun mendatang. selain tentunya, kematangan dan keahlian dari pemilik warnet tersebut untuk terus berinovasi untuk menghadapi perubahan pasar yang begitu cepat.

v.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s