merokok di terminal bungurasih aka purabaya

akhir pekan lalu gw singgah di terminal bungurasih (aka purabaya) surabaya dalam perjalanan gw ke keluarga di perbatasan jawa tengah – jawa timur. sudah berulang kali gw “transit” di terminal tersebut, dan kesan yang paling teringat adalah kenangan “buruk”. kenangan buruk tentang seorang awak bus yang memaksa gw untuk memberitahunya kemana gw mau pergi. selain itu, daerah tempat makan di dalam ruang tunggu juga tampak tak terawat. tapi … kejadian minggu lalu benar-benarn membuat gw salut dan angkat dua jempol untuk petugas dllaj terminal bungurasih.

seperti sudah banyak orang tahu, dalam setahun terakhir, pemerintah indonesia mulai memberlakukan larangan untuk merokok di areal umum, termasuk di antaranya terminal, sekolah, dll … merokok hanya diizinkan di ruangan khusus perokok. namun, seperti yang terjadi pada banyak larangan pemerintah, aturan tersebut masih banyak diabaikan oleh para perokok. tetapi, minggu lalu berbeda.

gw sedang duduk di ruang tunggu. ada seorang muda yang kemudian duduk tidak jauh dari tempat gw. tidak berapa lama kemudian, dia mengeluarkan rokoknya dan mulai merokok. apa yang terjadi berikutnya sukar gw percaya (sedikit berlebihan, tapi memang bener mengagetkan buat gw), seorang petugas dllaj yang bertugas mengatur para awak bis dan pergantian bis mendatangi orang tersebut dan memintanya untuk pindah ke ruang yang telah disediakan untuk merokok. satu kejadian yang jarang gw lihat di indonesia. tidak berapa lama kemudian, ada seseorang yang menyalakan rokoknya dan mulai merokok di areal bebas rokok. gw bertanya dalam hati, bapak petugas dllaj tersebut bakal mendatangani orang tersebut atau tidak. semenit atau dua ternyata tidak ada tanda-tanda. tapi, begitu si bapak dllaj tersebut melihat orang tersebut merokok di ruangan yang tidak semestinya, dia langsung mendatangi orang tersebut dan memintanya untuk pindah ke ruangan yang sudah disediakan. woo .. keren. acungan dua jempol untuk bapak petugas dllaj tersebut.

Leave a Reply

