iklan parpol pemilu 2009 (in bahasa)

ok, seperti gw janjiin di sini, gw mo nulis sedikit ttg golkar dan pks. tulisan ini murni opini gw dan ga bertujuan untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu.

golkar yang sudah semenjak beberapa dekade lalu menjadi mesin politik yang sangat tangguh. bahkan, meski digoncang oleh kejadian luar biasa di tahun 1998, golkar masih mampu meraih suara secara signifikan dalam 2x pemilu berikutnya (1999 dan 2004). menjelang pemilu 2009 ini, gw melihat beberapa iklan golkar lumayan tepat sasaran dan gw rasa lebih jujur daripada iklan demokrat. ok, dalam beberapa topiknya mereka sedikit berebut klaim dengan demokrat (blt contohnya), namun secara umum, gw menilai mereka tampil lebih baik daripada pesaing mereka tersebut. gw rasa kita semua harus berterima kasih pada ahmad mubarok yang membuat pernyataan politik yang sangat konyol awal tahun ini. kejadian tersebut memicu retaknya duet SBY-JK, yang kemudian mendorong JK untuk maju sendiri. hidup mubarok. i really thank you for what you did 😉 andaikan dia ga membuat blunder politik tersebut, gw dah yakin 100%, SBY-JK bakal menjabat kembali sebagai presiden dan wapres sampai 2014.

next, PKS atau Partai Keadilan Sejahtera. gw salut pada partai satu ini. pelan2 mereka sudah menggurita di kalangan grass root, terutama di kalangan mahasiswa muslim. bahkan, melihat dari perkembangan politik akhir-akhir ini, gw menilai mereka sebagai partai Islam terbesar di indonesia saat ini (terima kasih untuk pecahnya PKB – Partai Kebangkitan Bangsa – dan PAN – Partai Amanat Nasional). akhir2 ini, PKS tampak berusaha mencitrakan dirinya lebih ke arah nasionalis. mungkin ini timbul dari kesadaran bahwa masyarakat indonesia lebih memilih partai2 nasionalis untuk mewakili aspirasi mereka daripada partai yang berlandaskan agama. iklan2 mereka cukup bagus, ‘n berani untuk memposisikan diri sebagai oposisi. gw rasa kiprah mereka akan semakin penting dalam pemilu2 yang akan datang.

kira-kira demikian pembahasan singkat mengenai kedua parpol ini. pemilu sudah dekat. mari kita gunakan hak pilih kita demi kemajuan bangsa kita tercinta.

Leave a Reply

